Masih ingat dengan postingan saya sebelumnya mengenai 15 Pertanyaan yang harus anda jawab untuk memulai suatu Usaha Sendiri ? Selamat !! jika anda berhasil melewati pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan penuh keyakinan dan kemantapan, untuk yang belum ? ayo kaji ulang lagi segala persiapan anda, harus terus semangat !
Berikut ini kita akan berbicara mengenai bagaimana membuat Rencana Usaha yang Baik, yang tentunya juga wajib untuk diperhatikan bagi rekan-rekan yang ingin atau sudah tidak sabaran untuk memulai Usaha Sendiri, Ayo kita mulai, ingat dibawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang juga harus anda jawab dengan mantap dan penuh keyakinan, Simak baik-baik pertanyaan berikut karena cukup panjang :
Rencana bisnis yang baik, harus dapat menjelaskan 4 (empat) bagian penting sebagai berikut :
1. Gambaran usaha (Description of the Business)
2. Pemasaran (Marketing Plan)
3. Keuangan (Financial Management Plan)
4. Manajemen (Management Plan)
Agar lebih meyakinkan, akan lebih baik bila rencana bisnis dilengkapi dengan executive summary, dokumen pendukung dan proyeksi keuangan, kita lihat secara detail satu persatu 4 bagian tersebut :
GAMBARAN USAHA :
Gambaran usaha harus dapat menjawab pertanyaan :
1. Usaha apa yang akan dilakukan?
2. Siapa yang akan mengelolanya?
3. Kapan, dimana dan bagaimana usaha itu dijalankan?
4. Apa yang membuat usaha itu unik dibandingkan pesaing?
Pada umumnya, gambaran usaha terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut :
GAMBARAN UMUM USAHA
1.Legalitas : bentuk usaha serta ijin-ijin yang dimiliki.
2.Tipe usaha : perdagangan, perindustrian, jasa
3.Usaha baru, pengambil-alihan, pengembangan, atau waralaba (franchise)
4.Prospek dan kemungkinan pengembangannya
5.Kapan, dimana dan bagaimana pelaksanaannya
6.Latar belakang pemilik dan pengelola
PRODUK ATAU JASA YANG DITAWARKAN
1.Jenis produk atau jasa yang dihasilkan
2.Keunggulan produk atau jasa tersebut
3.Masukan dari pelanggan dan calon pelanggan
4.Antisipasi terhadap kemungkinan persaiangan produk atau jasa
5.Lokasi usaha, dan mengapa lokasi tersebut dipilih :
a.Persyaratan lokasi
b.Ruang atau lingkungan yang diperlukan
c.Akses ke lokasi
RENCANA PEMASARAN :
Pemasaran memainkan peranan penting bagi kesuksesan usaha. Kunci utamanya, kita harus memahami kebutuhan atau keinginan pasar (pelanggan). Oleh sebab itu, strategi pemasaran harus benar-benar matang dan bisa menjawab pertanyaan berikut:
1.Siapa target pasar yang dibidik?
2.Pasar seperti apa yang dihadapi? Sedang berkembang, statis atau menurun?
3.Apakah pangsa pasar dapat ditingkatkan?
4.Bagaimana cara menarik pelanggan, mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan pangsa pasar?
Nah...Dalam rencana pemasaran, kita juga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
PESAING ATAU KOMPETITOR :
a.Siapa 5 (lima) besar pesaing langsung yang dihadapi?
b.Adakah pesaing tak langsung yang akan dihadapi?
c.Bagaimana kondisi usaha mereka?
d.Apa yang dapat dipelajari dari operasi mereka?
e.Apa kelemahan dan keunggulan mereka?
f.Apa perbedaan, keunggulan dan kelemahan produk atau jasa yang mereka tawarkan?
STRATEGI HARGA :
1.Harga dan biaya retail
2.Harga pasar rata-rata
3.Harga dibawah pasar, diatas pasar dan kemungkinan adanya harga bertingkat
Iklan dan Promosi
RENCANA KEUANGAN :
Keuangan adalah “Nyawa dan Darah” dari usaha. Oleh karena itu kita harus benar-benar mempersiapkannya secara teliti, matang dan bijaksana, untuk keberhasilan suatu usaha,perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan Keuangan sebagai berikut :
a.Anggaran harus realistis bukan fantastis !
b.Anggaran harus mencakup dana riil yang diperlukan untuk memulai usaha (start-up cost), dan dana untuk operasional sehari-hari (operating cost)
c.Operating budget minimal harus dibuat untuk jangka waktu 3 hingga 6 bulan pertama
d.Bagian keuangan harus mencantumkan dana-dana luar yang dipakai, peralatan yang dimiliki dan daftar supplier atau pelanggan, neraca, analisa Break Even Point, proforma proyeksi laba rugi, dan proforma arus kas (cashflow) usaha
e.Proyeksi laba rugi dan cashflow harus dibuat paling tidak untuk 3 tahun ke depan
f.Rencana yang dibuat harus dilengkapi penjelasan seluruh proyeksi yang dibuat, dan asumsi-asumsi yang dipakai
RENCANA MANAJEMEN :
Rencana manajemen yang dibuat sebelum dijalankan harus dapat menjawab hal-hal berikut :
1.Apakah Anda mampu menjalankan usaha sendiri?
2.Bagaimana pengalaman dan kemampuan (skill) yang dimiliki dapat membantu usaha yang akan dijalankan?
3.Apa kelemahan Anda dan bagaimana mengatasinya?
4.Siapa yang akan duduk dalam tim manajemen perusahaan? Apa kekuatan dan kelemahan mereka?
5.Apa jabatan mereka? Bagaimana tugasnya?
6.Apakah ada rencana penambahan karyawan?
7.Bagaimana standar gaji, bonus, dan lain-lain?
8.Apakah Anda mengerti peraturan perburuhan?
Bagaimana masih semangat kan ?? Nah..itulah sedikit pertanyaan yang saya harap dapat rekan-rekan pikirkan dan telaah kembali sebelum melanjutkan untuk memulai suatu Usaha, kenapa kok pertanyaan tidak langsung dengan penjelasannya yang saya berikan di sini karena bagi saya pertanyaan adalah sesuatu hal yang lebih menantang ya... menantang kita untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan itu tentunya, lagi pula yang menentukan jawabannya adalah anda sendiri bukan orang lain, karena orang lain hanya bisa bertanya ? bukankah begitu !!!
Salam Sukses !
Untuk Mendapatkan Tips Terbaru Otomatis ke Inbox Email Anda, Silahkan Masukkan Email ke dalam Form yang ada di Bawah ini :
1 comments:
I had to do as she said unwillingly. links of london pendants When I saw the, I found that I was greatly attracted by it. It cheap links of london pendants Flutter & Wow Silver Bracelet. It was said that the name came from a play called Wow and Flutter. cheap links of london pendants The true silver bracelet featured two asymmetrical, links london pendants nucleus-shaped cages playfully killing from unique spirit shaped links. links of london pendants uk I genuinely respected the designer who had such inspiration. I had to admit that I cheap links of london chains liked the Links of London Flutter & Wow Silver Bracelet very much.
Posting Komentar